Kamis, 11 Februari 2016

Review jurnal Mengajar Kursus Matematika untuk Guru Masa Depan On-Line: Peluang dan Tantangan



Download jurnal pdf
https://drive.google.com/file/d/0BwP9TRXcxCxJOEI4dEpSdERBek0/view?usp=sharing

CRITICAL REVIEW JURNAL ILMIAH
A.    Data Jurnal
1.      Judul jurnal
Teaching a Mathematics Course for Future Teachers
On-Line : Opportunities and Challenges
2.      Penulis
Joanne Lieberman, Ph.D
California State University Monterey Bay, California, USA
3.      Nama jurnal
Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia
4.      Jumlah halaman
9        halaman

B.     Deskripsi Jurnal
1.      Abstrak
Makalah ini membahas peluang dan tantangan dari lingkungan on-line untuk mengajar kursus matematika non-tradisional untuk Studi Liberal siswa. Kursus ini menggunakan pembelajaran kooperatif, manipulatif, dan konstruktivis sebagai kegiatan utama dalam strategi pengajaran. Guru tidak menunjukkan siswa bagaimana memecahkan masalah. Siswa mengembangkan dan berbagi ide-ide mereka sendiri dengan teman sekelas mereka. Makalah ini menjelaskan program on-line termasuk struktur yang kita gunakan untuk meningkatkan kerjasama dan penyelidikan dan membahas tantangan yang kita hadapi dalam mencoba untuk memberikan jenis pembelajaran yang sama dengan lingkungan kelas yang disediakan.
Menurut CSUMB, studi liberal siswa diwajibkan untuk mengambil divisi kursus matematika yang rendah dan dua divisi kursus matematika yang dikembangkan khusus untuk siswa yang berencana untuk menjadi guru sekolah dasar. Program On-Line ini menawarkan dua program on-line (dalam penjumlahan "hidup") untuk siswa belajar jarak jauh dan bagi mereka yang tidak dapat mengakomodasi jadwal datang ke kampus. Karena program ini menggunakan pendekatan pengajaran yang inovatif (seperti pembelajaran kooperatif, Manipulatif, kegiatan konstruktivis), adaptasi terhadap on-line yang tidak sederhana. Makalah ini menjelaskan tentang kursus, adaptasi terhadap lingkungan on-line, dan tantangan dan manfaat dari lingkungan on-line.

2.      Deskripsi Kursus dan Teori Pedagogik belakang Mereka
Secara umum isi matematis dari program ini meliputi : Sejarah referensi dan pengembangan notasi sistem bilangan modern, basis sepuluh konsep nilai tempatdan representasi (bilangan bulat dan bilangan desimal), makna, model, dan algoritma untuk operasi (Penambahan, Pengurangan, Perkalian, dan Divisi), teori bilangan, angka-angka pecahan (makna, model, konversi antara notasi yang berbeda, operasi), berpikir aljabar, statistik, probabilitas, geometri, pengukuran.
Pedagogik dari program ini didasarkan pada kognitif dan sosial konstruktivisme-yaitu, keyakinan bahwa orang membangun pengetahuan dan pemahaman mereka sendiri, dan mereka melakukannya dalam konteks sosial dinamika yang secara signifikan mempengaruhi pembelajaran individu. Pandangan konstruktivis kognitif ini berasal dari bukti menarik bahwa siswa belajar matematika dengan baik hanya ketika mereka membangun pemahaman matematika mereka sendiri. Menurut laporan nasional, Everybody Counts, "Semua siswa terlibat dalam banyak penemuan ketika mereka belajar matematika, mereka memaksakan interpretasi merekasendiri pada apa yang disajikan untuk menciptakan sebuah teori yang masuk akal bagi mereka. Mereka menggunakan informasi baru untuk mengubah keyakinan mereka sebelumnya. Akibatnya, masing-masing pengetahuan matematika siswa adalah pribadi yang unik" (NRC, 1989). Pandangan konstruktivis diwujudkan dalam Standar NCTM, yang menyamakan pembelajaran matematika dengan melakukan matematika.
Standar NCTM merekomendasikan kegiatan yang menyampaikan pemahaman konseptual matematika yang lebih. Beberapa ide dari konstruktivisme sosial yang paling penting untuk mengembangkan kursus adalah nilai dari sebuah komunitas belajar yang mendukung dan peran penting dari berbagai jenis wacana ilmiah untuk belajar siswa. Keduanya ini menyoroti peran sentral interaksi antara siswa dan antara instruktur dan siswa untuk membangun integrasi pembelajaran yang efektif bagi individu dalam suatu kursus.
Untuk menerapkan teori-teori belajar Matematika 308 dan 309, kursus ini sangat bergantung pada tugas kelompok, menggunakan Manipulatif, membenarkan penalaran secara tertulis dan dalam diskusi, dan mengembangkan konsep-konsep dari ide-ide yang dihasilkan di kelas. Semua ini didasarkan pada kerangka teoritis, dan hampir semua adalah tantangan untuk meniru on line.

3.      Deskripsi dari Program On-Line
Deskripsi program on-line ini meliputi lima kategori, yaitu :
a.       Hasil modul dan pengenalan. Hasil modul diberikan pada para siswa dengan tujuan untuk pembelajaran mereka.
b.      Papan Diskusi : Pembuka Modul, Klarifikasi, dan Petunjuk. Setiap siswa memulai pekerjaan selama seminggu dengan berpartisipasi dihalaman pembicaraan. Pengantar pertanyaan atau kegiatan yang diposting. Untuk menerima kredit penuh siswa perlu melakukan hal berikut : menanggapi salah satu pertanyaan asli, posting pertanyaan mereka sendiri (yang berhubungan dengan membaca, video atau diskusi), dan mengirim respon yang bijaksana untuk komentar orang lain atau pertanyaan. Para papan diskusi juga dimana siswa bisa memposting "bantuan" pertanyaan tentang tugas, sehingga setiap orang dapat membaca pertanyaan dan tanggapan. Sesama siswa atau instruktur dapat membalas pertanyaan.
c.       Tugas individu. Kegiatan individu mungkin termasuk salah satu atau semua hal berikut setiap minggu : bacaan, set masalah, latihan on-line interaktif, melihat video. Mereka dapat memulai kapan saja dalam minggu. Seringkali kegiatan kolaboratif memberikan pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah set individu.
d.      Kegiatan Kolaboratif (Tim dari 2 sampai 3). Setiap kegiatan kolaboratif dimulai dengan komponen persiapan yang harus dilakukan sendiri untuk mempersiapkan siswa untuk diskusi dengan tim mereka.
e.       Jurnal. Jurnal diselesaikan setelah menyelesaikan kegiatan lainnya. Mereka membutuhkan siswa untuk merenungkan bacaan dan kegiatan tiap minggu. Jurnal memberikan penyelesaian terhadap kegiatan dengan meminta siswa untuk merenungkan kegiatan dan relevansi pribadi materi pelajaran. Kursus-kursus ini melibatkan berpikir dan menulis dalam jumlah yang cukup. Melalui menulis siswa menghasilkan, mengembangkan, mengatur, memodifikasi, mengkritik, dan mengkomunikasikan ide-ide mereka. Menulis membantu siswa menemukan apa yang mereka ketahui, apa yang mereka tidak ketahui, dan apa yang mereka perlu tahu.

4.      Tantangan Lingkungan On- line dan Upaya untuk Amanat mereka
1)      Penggunaan Manipulatif
Penggunaan Manipulatif telah menjadi tantangan paling sederhana untuk mengatasi. Kami menggunakan kombinasi strategi untuk memberikan siswa pengalaman serupa dengan mengembangkan konsep melalui penggunaan model materi konkret. Untuk kelas on-line, siswa dapat men-download gambar pola dari blok berwarna dan memotong pola itu. Ini dapat digunakan dengan cara yang sama seperti pola blok yang konkret. Pentingnya siswa menggunakan manipulatif sebagaimana dimaksud adalah mereka memiliki dan mengalami cara penggunaan Manipulatif masa yang akan datang.
2)      Kerja Kelompok
Dari tugas kelompok ini kami ingin siswa untuk belajar cara  mengkomunikasikan ide-ide mereka sendiri dan mendengarkan satu sama lain, dan mengalami kekuatan dari kolaborasi untuk belajar memecahkan masalah yang kompleks. Untuk kelas on-line bisa mencapai hasil yang sama dengan menggunakan papan diskusi dan siswa memiliki beberapa pekerjaan dengan mitra mereka setiap minggu.
3)      Mengembangkan Konsep
Tantangan terkait untuk kelas on-line yaitu mengembangkan konsep-konsep dari ide yang dihasilkan di kelas. Kami melakukan kegiatan yang biasanya menuntun mereka untuk berbagi pekerjaan mereka dan mendiskusikan konsep-konsep kunci. Saat kegiatan berlangsung instruktur dapat menentukan jika ada kesalahpahaman utama dan memimpin diskusi untuk mengatasinya, dan bisa juga memanfaatkan ide-ide siswa sendiri untuk mengembangkan konsep-konsep yang diinginkan. Contohnya adalah mengembangkan ekspresi aljabar untuk jumlah ubin di Pola pertumbuhan urutan genteng.

5.      Manfaat tak terduga dari Lingkungan On-line
1)      Perasaan dari Masyarakat dan Mendukung Teman Sebaya
Kelas-kelas on-line telah mengembangkan perasaan masyarakat. Salah satu alasannya adalah bahwa dalam kelas on-line kami mengharuskan siswa untuk memberikan profil pribadi sehingga setiap siswa tahu sesuatu yang pribadi tentang orang lain di kelas, dan tentang perasaan mereka terhadap Matematika. Siswa menulis sangat terang tentang perasaan mereka tentang matematika dan banyak siswa menanggapi pernyataan satu sama lain. Selain itu, orang-orang pemalu lebih mungkin untuk mengirim laporan daripada berbicara tentang mereka didepan kelas. Selain itu, beberapa siswa yang pemalu di kelas merasa jauh lebih nyaman berpartisipasi dalam forum diskusi.
2)      Umpan Balik
Kebanyakan siswa sangat menghargai dengan melihat metode siswa lain untuk memecahkan masalah. Mereka juga menerima umpan balik dari teman. Sayangnya ada beberapa siswa yang begitu tidak nyaman tentang pekerjaan mereka, mereka membenci berbagi. Ada juga beberapa siswa yang tidak menghabiskan banyak waktu untuk meninjau pasangan mereka bekerja, dan dengan demikian, tidak memberikan banyak umpan balik yang membantu.
3)      Kelengkapan Tulisan
Pada kedua jenis kelas siswa dituntut untuk selalu menunjukkan dan menjelaskan cara mereka bekerja pada masalah. Sebuah rubrik skoring digunakan untuk menilai kebenaran matematika dan kejelasan dari penjelasan. Untuk menerima karya siswa kredit penuh harus menunjukkan pemahaman penuh dari pusat ide-ide matematika dan harus jelas mengkomunikasikan pemikiran siswa.
4)      Penggunaan Teknologi Interaktif
Karena kita harus mencari cara alternatif untuk memodelkan masalah secara on-line, kami mencari dan mengembangkan alat interaktif yang membantu siswa "melihat" konsep-konsep matematika. Beberapa alat ini memberikan model yang lebih baik dibandingkan metode yang digunakan di kelas hidup (biasanya gambar). Oleh karena itu, kami telah memasukkan beberapa alat teknologi interaktif kedalam kelas hidup juga. Contoh menggunakan applet untuk mengembangkan pemahaman konseptual dengan membagi pecahan.
C.    Analisis Jurnal
Penelitian dari jurnal ini dilakukan oleh Joanne Lieberman, Ph.D California State University Monterey Bay, California, USA. Jurnal ini menjelaskan tentang program pembelajaran On-Line. Dengan mengutamakan strategi pembelajaran kooperatif, manipulatif, dan konstruktivis sebagai kegiatan utama dalam strategi pengajaran.
Dalam proses program pembelajaran On-Line ini, berbagai media sudah dicoba untuk diaplikasikan dalam pembelajaran. Seperti penggunaan manipulative, menggunakan benda-konkret, media teknologi interaktif, dan juga sebuah forum diskusi untuk menyatakan tentang perasaan siswa terhadap mata pelajaran matematika yang akhirnya dari menyatakan perasaan maka akan mendapat umpan balik dari siswa-siswa lainnya, dll.
Berbagai model yang telah dicoba untuk diaplikasikan dalam pembelajaran On-Line sangat bagus untuk mengembangkan konsep dan ide-ide matematika siswa itu sendiri. Dengan adanya media tersebut perlahan-lahan siswa bisa menyelesaikan masalah matematika yang lebih kompleks.
Program On-Line ini juga memberikan berbagai macam tugas kepada siswa sebagai alat untuk mengukur pemahaman siswa. Seperti tugas individu, tugas kelompok, ada juga papan diskusi, membuat jurnal, dan kegiatan kolaboratif. Tugas-tugas yang diberikan dapat melahirkan ide-ide kreatif siswa. Siswa juga dapat berdiskusi tentang masalah yang ditemukan dengan teman mereka dalam kegiatan kolaboratif dan papan diskusi. Selanjutnya penulisan jurnal bisa membantu siswa untuk mengetahui masalah yang belum diketahui dan dapat meningkatkan kegiatan membaca dan menulis siswa.

D.    Komentar (Tanggapan Terhadap Isi Jurnal)
Ø  Abstrak. Abstrak dari jurnal ini sudah jelas, dan menggambarkan isi jurnal secara keseluruhan.
Ø  Pembahasan tentang program On-Line ini juga sangat jelas dan rinci. Mulai dari strategi utama yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan juga media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran program On-Line. Kemudian bahasa yang digunakan dalam jurnal ini sangat mudah untuk dipahami.
Ø  Kesimpulan dari jurnal ini juga sudah sangat jelas.
Ø  Dalam jurnal ini, tidak ada yang melatar belakangi kenapa jurnal ini ditulis.
Ø  Dalam jurnal ini juga tidak ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pengaplikasian program pembelajaran On-Line ini efektif atau tidak dalam pembelajaran.
Ø  Kemudian, contoh-contoh proses pembelajaran program On-Line yang dituliskan dalam jurnal ini kurak spesifik dan kurang jelas.

2 komentar:

  1. The casino is a casino that's a fun and rewarding way to
    The casino 오늘 뭐 먹지 룰렛 is 네이버 룰렛 돌리기 a great 심바 먹튀 place to play slots or table games at 하하 포커 home. We have a lot 바카라베팅 of great options for you!

    BalasHapus
  2. Gambling in Las Vegas (video game, casino, fantasy,
    The Golden Nugget is a five-reel, 경산 출장샵 four-row, 보령 출장마사지 four-barrel, 하남 출장샵 five-reel, 태백 출장안마 four-barrel, five-reel, five-barrel, five-reel, five-barrel, five-barrel, five-barrel, five-barrel, 순천 출장샵

    BalasHapus