Pengertian Layanan Informasi
•
Menurut Prayitno & Erman Amti (2004) layanan
informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individu-individu yang
berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu
tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana
yang dikehendaki.
•
Sedangkan Winkel & Sri Hastuti (2006)
menjelaskan bahwa layanan informasi adalah usaha untuk membekali para siswa
dengan pengetahuan tentang data dan fakta dibidang pendidikan sekolah, bidang
pekerjaan dan bidang perkembangan pribadi-sosial, supaya mereka dengan belajar
tentang lingkungan hidupnya lebih mampu mengatur dan merencanakan kehidupannya
sendiri.
•
Menurut Budi Purwoko (2008) penyajian informasi
dalam rangka program bimbingan ialah kegiatan membantu siswa dalam mengenali
lingkungannya, terutama tentang kesempatan-kesempatan yang ada didalamnya, yang
dapat dimanfaatkan siswa baik untuk masa kini maupun masa yang akan datang.
•
Dari beberapa pengertian tentang layanan informasi
diatas dapat diambil kesimpulan bahwa layanan informasi adalah suatu kegiatan
atau usaha untuk membekali para siswa tentang berbagai macam pengetahuan supaya
mereka mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kehidupannya.
•
Kegiatan Pendukung Layanan Informasi
•
Aplikasi Instrumentasi dan himpunan data
•
Konferensi Kasus
•
Kunjungan Rumah
•
Alih Tangan Kasus
Teknik Layanan Informasi
•
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
•
Melalui Media
•
Acara Khusus
•
Nara Sumber
•
Tujuan secara umum
•
Layanan informasi bertujuan agar terkuasainya
informasi tertentu oleh individu yang
selanjutnya akan digunakan untuk
keperluan hidup sehari-hari dan perkembangan dirinya.
•
Tujuan secara khusus
•
tujuan layanan informasi terkait dengan asas
pemahaman, yaitu paham terhadap informasi yang diberikan dan memanfaatkan
informasi dalam penyelesaian masalah (apabila individu mengalaminya), mencegah
timbulnya masalah, untuk memelihara potensi yang ada, dan untuk memungkinkan
peserta yang bersangkutaan membuka diri dan mengaktuaisasikan hak-haknya.
•
Tujuan layanan informasi di sekolah
•
tujuan layanan informasi adalah supaya para
siswa memperoleh informasi yang relevan dalam rangka memilih dan mengambil
keputusan secara tepat guna pencapaian pengembangan diri secara optimal. Dalam
penelitian ini tujuan dari layanan informasi adalah membekali siswa dengan
berbagai informasi tentang potensi diri sehingga siswa mampu meningkatkan
pemahaman potensi diri guna mencapai kualitas hidup yang lebih baik.
•
Pelaksanaan Layanan Informasi
•
Perencanaan
•
identifikasi kebutuhan informasi
•
menetapkan materi informasi
•
menetapkan subjek sasaran layanan
•
menetapkan nara sumber
•
menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
•
menyiapkan kelengkapan administrasi
•
Pelaksanaan
•
mengorganisasikan kegiatan layanan
•
mengaktifkan peserta layanan
•
mengoptimalkan penggunaan metode dan media
•
Evaluasi
•
menetapkan materi evaluasi
•
menetapkan prosedur evaluasi
•
menyusun instrumen evaluasi
•
mengaplikasikan instrumen evaluasi
•
mengolah hasil aplikasi instrumen
•
Analisis hasil evaluasi
•
menetapkan norma dan standar evaluasi
•
melakukan analisis
•
menafsirkan hasil analisis
•
tindak lanjut
•
menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
•
mengomunikasikan rencana tindak lanjut kepada pihak
terkait
•
melaksanakan rencana tindak lanjut
•
pelaporan
•
menyusun laporan layanan informasi
•
menyampaikan laporan kepada pihak terkait
•
mendokumentasikan laporan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar