Selasa, 02 Februari 2016

pengaruh metode pembelajaran dan bentuk tes terhadap hasil belajar matematika”



Tabel 1. Disain

Metode Pembelajaran
(A)
Diskusi
(A1)
Konvensional
(A2)
Bentuk Tes
(B)
PG
(B1)
A1B1

µ1
A2B1
µ2
ESAI
(B2)
A1B2
µ3
A2B2
µ4

Misalkan:
A: Metode Pembelajaran
B: Bentuk Tes
Y: Hasil belajar matematika

A. Hipotesis penelitian sebagai berikut.
1. Metode pembelajaran mempengaruhi hasil belajar matematika yang tergantung pada bentuk tes (Interaksi metode pembelajaran dan bentuk tes mempengaruhi hasil belajar matematika)

2. Bagi kelompok siswa yang diberi tes formatif bentuk tes PG, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode diskusi lebih rendah dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional.

3. Bagi kelompok siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai, hasil belajar matematika siswa yang diajar diskusi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional.


4. Bagi kelompok siswa yang diajar dengan metode diskusi, hasil belajar matematika siswa yang yang diberi tes formatif bentuk tes PG lebih rendah daripada hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai.

5. Bagi kelompok siswa yang diajar metode konvensional, hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes PG lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai.

6. Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode diskusi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional.

7. Hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes PG lebih rendah daripada hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai.

Pertanyaan
1.   Tuliskan hipotesis statistiknya (H0 dan H1) dari hipotesis penelitian A2 s.d. A7.

2.  Dengan menggunakan data pada tabel di bawah
     a. Uji apakah metode pembelajaran mempengaruhi hasil belajar tergantung pada bentuk tes ? 
     b. Berdasarkan jawaban no. 2a, uji hipotesis statistik yang layak diuji.

Tabel 2.  Data


Metode Pembelajaran
(A)
Diskusi
(A1)
Konvensional
(A2)
Bentuk Tes
(B)
PGB
(B1)
21
22
19
21
18
23
27
24
26
24
ESAI
(B2)
23
27
24
26
24
11
14
13
12
14

JAWABAN

JAWABAN NO 1
Hipotesis statistiknya (H0 dan H1) dari hipotesis penelitian A2 s.d. A7 adalah :


   1.   Bagi kelompok siswa yang diberi tes formatif bentuk tes PG, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode diskusi lebih rendah dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional.
  

   Hipotesis  statistiknya:
       Ho : µ1 ≥ µ2
       H1 : µ1 < µ2
   
   2.   Bagi kelompok siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai, hasil belajar matematika siswa yang diajar diskusi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional.

        Hipotesis  statistiknya:
            Ho :   µ3 ≤ µ4     
            H1 :   µ3 > µ4         

    3.   Bagi kelompok siswa yang diajar dengan metode diskusi, hasil belajar matematika siswa yang yang diberi tes formatif bentuk tes PG lebih rendah daripada hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai.
        Hipotesis  statistiknya:
          Ho : µ1 ≥ µ3
          H1 : µ1 < µ3

    4.   Bagi kelompok siswa yang diajar metode konvensional, hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes PG lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai.
 


     Hipotesis  statistiknya:

Ho :   µ2 ≤ µ4     
H1 :   µ2 > µ4         


    5.   Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode diskusi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional.









      6.   Hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes PG lebih rendah daripada hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif bentuk tes Esai.



   JAWABAN NO 2
  
   UntuK No 2a

1.    Tabel ANOVA yang digunakan
Sumber

Variasi
derajat

bebas
Jumlah

Kuadrat (JK)
Kuadrat Tengah (KT)
F hitung
Baris (B)



Kolom (K) Interaksi (I)
Error (Galat)
b-1



k-1



(b-1)(k-1)



bk(n-1)
JKB



JKK JK(I)
JKE
KTB=JKB/(r-1)



KTK=JKK/(c-1) KTI = JKI/((r-1)(c-1))
KTE=JKE/(rc(n-1))
F1=KTB/KTE
F2=KTK/KTE F3=KTI/KTE
Total
rcn-1
JKT



Ket:
b = jumlah baris
k = jumlah kolom
n = banyaknya data
dengan:



3.   Membuat Tabel ANOVA
Berdasarkan hasil dari langkah 3
Sumber

Variasi
derajat

bebas
Jumlah

Kuadrat (JK)
Kuadrat Tengah (KT)
F hitung
Baris (B)



Kolom (K) Interaksi (I)

Error (Galat)
dbb=2-1=1



dbk =2-1=1



dbi =(2-1)(2-1)
      =1


dbE 2.2(5-1) = 4.4 = 16
JKB = 68,45



JKK = 68,45
JKI = 344,45

JKE = 39,2
KTB=68,45



KTK=68,45
KTI = 344,45


KTE=39,2/16
= 2,45
F1=27,93878
F2=27,93878
F3= 140,5918

Total
2.2.5-1 = 19
JKT




4.   Daerah Kritis
Karena dbb = dbk = dbi = 1 maka Ftabel­ yang digunakan untuk F1, F2, F3 juga sama
Ftabel = F(1,16)            untuk
                                          α = 0,05 maka F(1,16) = 4,49

                                    untuk
                                          α = 0,01 maka F(1,16) = 8,53 
5.   Kesimpulan
a.   F1 > Ftabel maka H0 ditolak
Ada pengaruh bentuk tes terhadap hasil belajar
b.   F2 > Ftabel maka H0 ditolak
Ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar
c.   F3 > Ftabel maka H0 ditolak
Ada pengaruh interaksi metode pembelajaran dengan bentuk tes terhadap hasil belajar


Untuk 2b


Metode Pembelajaran
(A)
Diskusi
(A1)
Konvensional
(A2)
Bentuk Tes
(B)
PGB
(B1)
µ1
µ2
ESAI
(B2)
µ3
µ4


Berdasarkan jawaban 2a
Maka hipotesis yang layak diuji adalah:
a.   Ada pengaruh metode pembelajaran diskusi dengan menggunakan tes pilihan ganda terhadap hasil belajar
Hipotesis statistic:
H0 : µ1 = µ2 = µ3 = µ4
H1 : µ1µ2 , µ1µ3 , µ1µ4
a.   Ada pengaruh metode pembelajaran diskusi dengan menggunakan tes essai terhadap hasil belajar
Hipotesis statistic:
H0 : µ1 = µ2 = µ3 = µ4
H0 : µ3µ1 , µ3µ2 , µ3µ4
b.   Ada pengaruh metode pembelajaran konvensional dengan menggunakan tes pilihan ganda terhadap hasil belajar
Hipotesis statistiknya:
H0 : µ1 = µ2 = µ3 = µ4
H0 : µ2µ1 , µ2µ3 , µ2µ4
c.   Ada pengaruh metode pembelajaran konvensional dengan menggunakan tes essai terhadap hasil belajar matematika
Hipotesis statistiknya:
H0 : µ1 = µ2 = µ3 = µ4
H0 : µ4µ1 , µ4µ2 , µ4µ3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar