A.
Judul
Penelitian
“Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Bangun
Datar melalui Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar bagi Siswa Kelas V SD Inp
Maccini Sombala Makassar”
B. Latar Belakang Masalah
Salah satu penyebab rendahnya nilai matematika siswa
kelas V SD Inp Maccini Sombala pada materi bangun datar pada proses belajar
mengajar yaitu guru masih memberikan metode ceramah dengan tidak menyediakan
alat peraga tentang bangun datar dalam membantu siswa mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar. Hal tersebut Berdasarkan hasil pengamatan dan
penjajakan peneliti sebelum melakukan penelitian, di mana peneliti memperoleh
informasi bahwa guru dalam menyajikan materi Matematika tentang bangun datar
pada SD Inpres Maccini Sombala hanya dilakukan dengan metode ceramah dan
pemberian tugas.
Suatu hal yang perlu mendapat perhatian adalah
penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika secara tepat.Untuk itu,
perlu dipertimbangkan kapan digunakan dan jenis alat peraga mana yang sesuai
untuk mencapai tujuan pembelajaran.Penelitian Arny Erawati (2009) dengan
penggunaan alat peraga bangun datar dalam mengidentifikasi luas dan keliling
bangun datar dapat meningkat.Begitu juga pada penelitian Nurlia (2009) yang menggunakan
media pada pembelajaran operasi pecahan, juga melaporkan hasil belajar siswa
yang baik.
Untuk meningkatkan belajar siswa diperlukan suatu
metode dalam pengajarannya agar siswa dapat memahami dan mengetahui tentang
bangun datar.Salah satunya dengan menggunakan alat peraga yaitu alat peraga
bangun datar. Untuk pemecahan masalah ini maka digunakan penelitian tindakan
kelas dengan 2 siklus sehingga diharapkan dari hasil penelitian ini akan
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD pada materi bangun
datar.
C.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan
diatas maka dapat dibuatkan suatu rumusan masalah:
“Apakah melalui penggunaan alat peraga bangun datar
hasil belajar matematika pada bangun datar siswa Kelas V SD Inpres Maccini
Sombala dapat meningkat?”
D.
Pemecahan
Masalah
Dalam mengatasi masalah yang dikemukakan di atas dan
sasaran perbaikan pembelajaran dapat dicapai, maka peneliti melakukan PTK
dengan menggunakan alat peraga bangun datar pada pembelajaran matematika siswa
kelas V SD.Inpres Maccini Sombala.
E.
Tujuan
Penelitian
1.
Tujuan Umum
Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat menjadi masukan bagi guru
dan siswa untuk selalu menggunakan alat peraga bangun datar dalam proses
belajar mengajar pokok bahasan bangun datar.
2.
Tujuan Khusus
Adapun
tujuan khusus dari penelitian ini adalah:
Untuk mengetahui apakah melalui penggunaan alat peraga bangun datar dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Maccini Sombala
kota Makassar pada pokok bahasan bangun datar.
F. Manfaat
Penelitian
1.
Manfaat Teoritis
a.
Sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa dan sebagai bahan referensi bagi
penelitian yang relevan.
b.
Bagi peneliti; sebagai
ajang latihan dan informasi untuk menambah wawasan pengetahuan dan sebagai
masukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan pembelajaran sehingga dapat
menunjang tercapainya target kurikulum.
2.
Manfaat Praktis
a.
Bagi siswa, untuk
mengarahkan perhatiannya dan termotivasi dalam proses belajar mengajar.
b.
Bagi Guru; pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini akan meningkatkan kreativitas guru untuk
mengelola proses pembelajaran matematika. Selain itu guru terbiasa melakukan
penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.
c.
Bagi Sekolah; hasil
penelitian ini akan memberikan sumbangan yang baik kepada sekolah dalam rangka
perbaikan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat mendukung pencapaian target
yang diharapkan.
G. Kajian Pustaka
a. Hakekat
Pembelajaran Matematika
Matematika
adalah bidang studi yang harus dipelajari dari SD sampai dengan perguruan
tinggi, untuk itu agar siswa dapat memahami matematika dengan baik di perlukan
konsep dasar matematika yang diajarkan di SD, untuk memudahkan hal tersebut
maka dipergunakanlah alat peraga matematika pada siswa SD yang cara berfikirnya
masih bersifat kongkrit.
Kesimpulannya
bahwa belajar matematika pada hakikatnya adalah suatu aktivitas mental yang
tinggi untuk memahami arti dari struktur-struktur, hubungan-hubungan, simbol-simbol,
kemudian menerapkan konsep-konsep yang dihasilkan ke situasi yang nyata
sehingga menyebabkan suatu perubahan tingkah laku.
b. Tujuan
Pembelajaran Matematika SD
Tujuan pembelajaran matematika dibedakan ke dalam
tujuan umum dan tujuan khusus, yaitu:
Tujuan umumnya
adalah:
1. Mempersiapkan
siswa agar sanggup menghadapi perubahan
keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang melalui
latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat,
jujur, dan objektif.
2. Mempersiapkan
siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam
kehidupan sehari-hari dan dapat mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Dan
tujuan umum ini terutama menekankan pada penalaran nalur siswa, pembentukan
siswa, dan keterampilan siswa untuk menerapkan matematika.
Tujuan khususnya
adalah:
1. Menumbuhkan
dan mengembangkan keterampilan berhitung (menggunakan bilangan) sebagai alat
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menumbuhkan
kemampuan siswa, yang dapat di gunakan, melalui kegiatan matematika.
3. Mengembangkan
kemampuan dasar matematika sebagai bakal belajar lebih lanjut disekolah
lanjutan tingkatan pertama.
4. Membentuk
sikap logika,kritis, kreatif,cermat, dan inovatif.
Metode yang
dapat digunakan dalam Pembelajaran Matematika di SD
Ø Metode
ekspositori
Ø Metode
penemuan
Ø Metode
laboritori
c. Pengertian
Alat Peraga
Alat peraga merupakan media pengajaran yang mengandung atau
membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari.Menurut Djoko Iswadi (Pujiati,
2004: 58) alat peraga matematika adalah seperangkat benda konkret yang
dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara
sengajayang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan
konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika.Dengan alat peraga, hal-hal yang abstrak dapat disajikan
dalam bentuk model-model berupa benda konkret yang dapat dilihat, dipegang,
diputarbalikkan sehingga dapat lebih mudah dipahami.
Fungsi utamanya adalah untuk menurunkan keabstrakan konsep agar
siswa mampu menangkap arti konsep tersebut.Sebagai contoh, benda-benda konkret
di sekitar siswa seperti buah-buahan, pensil, buku, dan sebagainya.
Tujuan alat peraga dalam pembelajaran matematika SD:
v
Alat peraga sebagai alat bantu
v
Alat peraga sebagai sumber belajar
d. Macam-macam
Bangun Datar
Bangun
datar adalah bangun yang terbentuk dari pertemuan beberapa garis pada suatu
bidang datar.Bangun datar merupakan bangun dua dimensi yang tidak memiliki
ruang hanya sebuah bidang datar saja.Dalam matematika dikenal beberapa bangun
datar. Menurut Mulya Z.(2004: 106) bangun datar terdiri dari :
a. Segitiga,
yang terdiri dari segitiga sama sisi, segitiga samakaki, segitiga tidak
samasisi, dan segitiga siku-siku.
b. segiempat,
yang terdiri dari bangun persegi, bangun persegi panjang, bangun
trapezium, bangun jajat genjang, bangun
belah ketupat, dan bangun layang-layang,
c. lingkaran.
e. Hasil
Belajar
Hasil
belajar menurut bahasa adalah hasil yang dicapai, sedangkan dalam tingkat
prestasi menurut istilah yang sering digunakan untuk menyatakan tingkat
keberhasilan yang dicapai seorang siswa setelah melakukan ujian tertentu dalam
hal ini prestasi belajar adalah hasil optimal yang diperoleh melalui proses
mengajar yang dapat diketahui dengan menggunakan tes.
Hasil
belajar siswa merupakan hasil yang di capai melalui proses belajarnya, karena
hasil belajar adalah merupakan ukuran keberhasilan seseorang siswa setelah
menempuh pembelajaran disuatu jenjang pendidikan (sekolah). Untuk mengukur dan
mengevaluasi tingkat keberhasilan belajar siswa dapat dilakukan melalui tes
hasil belajar. Menurut Djamarah dan Zain tes(1995: 106) hasil belajar digolongkan ke dalam jenis penilaian sebagai
berikut: 1. Tes formatif, 2. Tes subsumatif, 3. Tes sumatif.
Jadi
hasil belajar adalah hasil penilaian tentang penguasaan pengetahuan dan
keterampilan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari
bahan pelajaran di sekolah yang diberikan oleh guru.
H.
Kerangka
Pikir
Adapun gambaran
kerangka pikir dari masalah yang dikemukakan di atas dapat dilihat pada gambar
di bawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar